Friday, July 30, 2010

Statistik pada Blogger

Akhirnya Blogger benar-benar menjawab keinginan para blogger (? kata-kata yang aneh). Yup, blogger telah menyediakan statistik pada versi terbarunya tanpa perlu menginstall atau mengkonfirmasi apapun. Hanya dengan login pada blogger draft, kita akan melihat adanya tab baru disamping kanan tab Monitize. Meskipun tidak selengkap Google Analytics, namun statistik pada blogger draft ini bisa dibilang cukup lumayan.

Kelebihan  yang paling menonjol dari statistik ini adalah kita dapat memonitoring serta menganalisis halaman kunjungan secara hampir mendekati real-time. Kita juga dapat melihat posting apa yang paling populer dibaca oleh reader. Contohnya gini : Jika salah satu posting kita menarik, dan di share ke facebook atau twitter, atau ke yang lain, otomatis posting kita laris manis dikunjungin orang. Cuma salah satu posting lho yang menonjol (yang di share).. Nah, jika anda meng-klik Now pada Tab Stats, otomatis Stats akan me-refresh laporannya, dan sekaligus melaporkannya secara hampir mendekati real-time!




Statistik baru ini juga menampilkan asal pengunjung blog kita, lokasinya dimana atau juga mereka tau blog kita ni darimana, ntar keliatan kok. Untungnya buat kita sebenernya banyak sih, karena statistik baru ini merupakan satu set komponen/bagian dari Blogger, maka kita nggak perlu daftar untuk layanan lain, atau ambil script lain yang embed di gadget yang bisa memberatkan loading-nya blog.

Hmmm... sayang banget, yang di-record kok cuman page view-nya aja :(
{via BLogger in Draft}

No comments:

Post a Comment